Pengertian
dan Aplikasi Multimedia
Makalah ini disusun sebagai tugas
mata kuliah “Pengetahuan Komputer”
Drs. Dindin Sobiruddin, M.Kom
Disusun
oleh :
Syahrina
Rahmaniah (11140182000028)
Manajemen Pendidikan
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta
2014
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta
2014
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Saya ucapkan syukur ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan berkat-Nya, sehingga
makalah ini selesai ditulis. Tujuan
makalah ini adalah untuk memenuhi
tugas mata kuliah “Pengetahuan Komputer”.
Saya menyadari bahwa penyusunan tugas ini jauh dari sempurna, maka dari itu saya mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk perbaikan di kemudian
hari, semoga makalah ini bermanfaat sebagai referensi untuk menambah
pengetahuan. Aamiin.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Ciputat, 22
September 2014
Pemakalah
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR.........................................................................
i
DAFTAR ISI.........................................................................................
ii
BAB I : PENDAHULUAN.................................................................
1
A. Latar Belakang.......................................................................
1
B. Rumusan Masalah..................................................................
2
C. Tujuan Penulisan....................................................................
2
D. Metode Penulisan...................................................................
2
E. Sistematika Penulisan.............................................................
2
BAB
II :
PEMBAHASAN...................................................................
3
A.
Definisi Multimedia...............................................................
3
B. Aplikasi Multimedia............................................................... 4
B. Aplikasi Multimedia............................................................... 4
BAB
III :
PENUTUP.............................................................................. 6
Kesimpulan................................................................................. 6
Daftar Pustaka........................................................................................ 7
BAB 1
PENDAHULUAN
Lahirnya teknologi multimedia adalah
hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan
perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam
belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video
dalam bentuk digital. Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur –
unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputer untuk
disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif
antara komputer dengan user. Teknologi Multimedia merupakan perpaduan dari
teknologi komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi
elektronik, perkembangan serta pemanfaatan teknologi multimedia banyak
digunakan hampir diseluruh aspek kegiatan.
Multimedia adalah penggunaan
komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan
video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat
bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Bila dibandingkan dengan
informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada
komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima
dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya
atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality). Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia
Game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam
dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai
media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia
bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk,
bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
A. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini komputer merupakan suatu
kebutuhan yang amat sangat penting dalam kehidupan manusia. Komputer merupakan
sebuah alat bantu yang digunakan untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil
kembali data atau informasi yang diperlukan. Berbagai aktivitas kehidupan
manusia yang berhubungan dengan penggunaan komputer adalah seperti dunia
perbankan, perdagangan, industri,transportasi, kesehatan dan keamanan, serta
komunikasi. Dalam penggunaan komputer pasti tidak terlepas dari aplikasi
multimedia, baik berupa visual, audio,
maupun yang bersifat audio visual.
Aplikasi multimedia ini pun
pberkembang dan semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan
informasi yang melangkah semakin maju. Perkembangan multimedia dalam beberapa
tahun belakangan ini telah menimbulkan suatu pertanyaan apakah pembatasa
terhadap akses informasi dan kebebasan berekspresi masih tetap berlaku. Seperti
kita ketahu, belakangan ini perkembangan dari teknologi multimedia telah
melampaui batasan itu.
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang dipaparkan di atas, maka pemakalah dapat merumuskan pembahasan, sebagai berikut :
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang dipaparkan di atas, maka pemakalah dapat merumuskan pembahasan, sebagai berikut :
a. Apakah
pengertian multimedia?
b. Apa
saja aplikasi multimedia?
C. Tujuan Penulisan
1. Tujuan Umum
a. Untuk
mengetahui dan memahami definisi
multimedia.
b. Untuk
mengetahui dan
memahami apa saja aplikasi multimedia.
2.
Tujuan
Khusus
Yaitu untuk memenuhi tugas kelompok pada
mata kuliah Pengetahuan Komputer.
D. Metode Penulisan
Dalam penulisan makalah ini penulis
menggunakan metode elektronik sebagai
salah satu
cara penyelesaian makalah serta mencari sumber bacaan yang berkualitas diinternet.
cara penyelesaian makalah serta mencari sumber bacaan yang berkualitas diinternet.
E. Sistematika Penulisan
Dalam menyususn makalah
ini, penulis menyusun secara sistematis supaya isi makalah dapat dipahami.
Makalah ini terdiri dari 3 BAB, yaitu :
I. Pendahuluan,
yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, metode
penulisan, dan sistematika penulisan.
II. Pembahasan,membahas pengertian multimedia
dan aplikasi multimedia
III. Penutup,
yaitu kesimpulan
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Definisi
Multimedia
Multimedia terdiri dari dua kata
"multi" artinya banyak, dan "media" sesuatu yang dipakai
untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu. Media dalam Amerika yaitu alat
untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.
Multimedia dapat diartikan sebagai
penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan
informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan video.
Berikut beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli :
Berikut beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli :
-
Kombinasi dari komputer dan video.
(Rosch, 1996)
-
Kombinasi dari tiga elemen : suara,
gambar dan text. (Mc.Comick, 1996)
-
Kombinasi dari paling sedikit dua media
input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video,
teks, grafik dan gambar. (Turban dan kawan-kawan, 2002)
-
Alat yang dapat menciptakan presentasi
yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio
dan video. (Robin dan Linda, 2001)
-
Multimedia dalam konteks komputer adalah
pemanfaatan komputer untuk membuat
dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang
memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
(Hofstekter, 2001)
dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang
memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
(Hofstekter, 2001)
-
Multimedia telah banyak digunakan oleh
para guru dan dosen untuk menyampaikan
materi ajarnya kepada para siswa dan mahasiswa. Software-software presentasi
seperti Microsoft PowerPoint menggabungkan berbagai jenis media ke dalam suatu
paket presentasi yang menarik, yang akan menarik perhatian dan meningkatkan
motivasi para pembelajar (Jonassen dkk, 1999).
materi ajarnya kepada para siswa dan mahasiswa. Software-software presentasi
seperti Microsoft PowerPoint menggabungkan berbagai jenis media ke dalam suatu
paket presentasi yang menarik, yang akan menarik perhatian dan meningkatkan
motivasi para pembelajar (Jonassen dkk, 1999).
Kategori
Multimedia
Multimedia dapat
di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu multimedia content production dan
multimedia communication dengan definisi sebagai berikut :
-
Multimedia
Content Production adalah penggunaan dan pemrosesan
beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang
berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia
(music, video, film, game, intertaintment, dll.) Atau penggunaan sejumlah
teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks,
audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru
untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
media teks
media video
media animasi
media graph / image
media interactivity
media spesial effect
media teks
media video
media animasi
media graph / image
media interactivity
media spesial effect
-
Multimedia
Communication adalah penggunaan media (massa),
seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan /
menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaintment,
news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
TV
Radio
Film
Media Cetak
Musik
Game
Entertainment
Tutorial
ICT (Internet)
Karakteristik Multimedia
TV
Radio
Film
Media Cetak
Musik
Game
Entertainment
Tutorial
ICT (Internet)
Karakteristik Multimedia
Multimedia juga mempunyai karakteristik,
yaitu ada 2 bentuk :
-
Bentuk
Linier : Sebuah struktur multimedia dimana pengguna
bernafigasi sesuai urutan dari satu frame atau bite informasi ke yang lainnya.
-
Bentuk
No Linier : Struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi
secara bebas, tidak oleh rute yang ditentukan.
B.
Aplikasi
Multimedia
Image Viewer
Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang
digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah
direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh
aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image
terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons
image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk
mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat
lunak image viewer adalah:
- ACDSee, bersifat komersial dan
diproduksi oleh ACD Systems.
- XNView, bersifat freeware dan
diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
- Irfan
View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
- Microsoft
Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
- Microsoft
Picture and Fax Viewer, bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft
Windows.
Image Editor
Image editor adalah perangkat lunak
yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau
gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat
lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai
dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image
editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa contoh
perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:
- Adobe
Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial
dan diproduksi oleh Adobe Systems.
- Corel
Draw, merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi
oleh Corel Corporation.
- Microsoft
Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam
paket Microsoft Windows.
- GIMP,
merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan
diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.
Media Player
Media player
adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam
bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa
untuk memainkan baik informasi audio maupun video. Beberapa jenis perangkat
lunak media player adalah:
- Windows
Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.
- Winamp,
bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc.
- Real
Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
- GOM
Player, atau Gretech Online Movie Player adalah aplikasi gratis berbasis
Windows media player. Media tradisional ini dapat memainkan hampir semua
file media tanpa harus mendapatkan codec.
Animasi
Aplikasi
animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan
memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak
atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak
riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
- Macromedia
Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk
web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia
Inc.
- Houdini
Animation Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect
Software.
- Power
Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi.
Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
Audio/Video Editor
Video/audio
editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan
memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam
mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan,
konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa
jenis perangkat lunak media player adalah:
- Adobe
Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
- Adobe
Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
- Windows
Movie Maker, bersifat
komersial dan diproduksi
Microsoft Corp.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Multimedia dapat diartikan sebagai
penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan
informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan video.
Kategori multimedia dibagi menjadi 2 yaitu : Multimedia Content Production, Multimedia Communication. Sedangkan karateristiknya dibagi menjadi 2 yaitu : Bentuk Linier dan Bentuk No Linier.
Kategori multimedia dibagi menjadi 2 yaitu : Multimedia Content Production, Multimedia Communication. Sedangkan karateristiknya dibagi menjadi 2 yaitu : Bentuk Linier dan Bentuk No Linier.
Aplikasi multimedia diantaranya
yaitu : Image Viewer,
Image Editor,
Media Player,
Animasi,
Audio/Video Editor.
DAFTAR
PUSTAKA
Diva Rahmanisa (2013) Macam Aplikasi Multimedia. From : http://drahmanisa.blogspot.com/2013/11/macam-aplikasi-multimedia.html
Hartina D (2013) Multimedia. From : http://hartina129b.blogspot.com/2013/04/pengertian-multimedia-dan-contohnya.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar