Sabtu, 18 Oktober 2014

all about multimedia

Pengertian dan Aplikasi Multimedia
Makalah ini disusun sebagai tugas mata kuliah “Pengetahuan Komputer”


Dosen Pengampu :
Drs. Dindin Sobiruddin, M.Kom








Disusun oleh :
                                                Syahrina Rahmaniah    (11140182000028)


Manajemen Pendidikan
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta
2014


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Saya ucapkan syukur ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan berkat-Nya, sehingga makalah ini selesai ditulis. Tujuan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengetahuan Komputer”.
Saya  menyadari bahwa penyusunan tugas ini jauh dari sempurna, maka dari itu saya mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk perbaikan di kemudian hari, semoga makalah ini bermanfaat sebagai referensi untuk menambah pengetahuan. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb


Ciputat, 22 September 2014


Pemakalah







DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR......................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................... ii
BAB I  : PENDAHULUAN................................................................. 1
A. Latar Belakang....................................................................... 1
B. Rumusan Masalah.................................................................. 2
C. Tujuan Penulisan.................................................................... 2
D. Metode Penulisan................................................................... 2
E. Sistematika Penulisan............................................................. 2

BAB II : PEMBAHASAN................................................................... 3
A. Definisi Multimedia............................................................... 3
B
. Aplikasi Multimedia............................................................... 4
            BAB III : PENUTUP.............................................................................. 6
Kesimpulan................................................................................. 6
            Daftar Pustaka........................................................................................ 7







BAB 1
PENDAHULUAN

            Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital. Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur – unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user. Teknologi Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik, perkembangan serta pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir diseluruh aspek kegiatan.
            Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
            Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

A.    Latar Belakang Masalah
            Dewasa ini komputer merupakan suatu kebutuhan yang amat sangat penting dalam kehidupan manusia. Komputer merupakan sebuah alat bantu yang digunakan untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Berbagai aktivitas kehidupan manusia yang berhubungan dengan penggunaan komputer adalah seperti dunia perbankan, perdagangan, industri,transportasi, kesehatan dan keamanan, serta komunikasi. Dalam penggunaan komputer pasti tidak terlepas dari aplikasi multimedia, baik berupa visual,  audio, maupun yang bersifat audio visual.
            Aplikasi multimedia ini pun pberkembang dan semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang melangkah semakin maju. Perkembangan multimedia dalam beberapa tahun belakangan ini telah menimbulkan suatu pertanyaan apakah pembatasa terhadap akses informasi dan kebebasan berekspresi masih tetap berlaku. Seperti kita ketahu, belakangan ini perkembangan dari teknologi multimedia telah melampaui batasan itu.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang dipaparkan di atas, maka pemakalah dapat merumuskan pembahasan, sebagai berikut :
a.       Apakah pengertian multimedia?
b.      Apa saja aplikasi multimedia?

C.             Tujuan Penulisan
1.    Tujuan Umum
a.       Untuk mengetahui dan memahami definisi multimedia.
b.      Untuk mengetahui dan memahami apa saja aplikasi multimedia.
2.    Tujuan Khusus
Yaitu untuk memenuhi tugas kelompok pada mata kuliah Pengetahuan Komputer.

D.  Metode Penulisan
 Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan metode elektronik sebagai  salah satu
 cara penyelesaian makalah serta mencari sumber bacaan yang berkualitas diinternet.
E.   Sistematika Penulisan
Dalam menyususn makalah ini, penulis menyusun secara sistematis supaya isi makalah dapat dipahami. Makalah ini terdiri dari 3 BAB, yaitu :
                                        I.    Pendahuluan, yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
                                            II.     Pembahasan,membahas pengertian multimedia dan aplikasi multimedia
                                           III.    Penutup, yaitu kesimpulan





BAB II
PEMBAHASAN
A.    Definisi Multimedia
                Multimedia terdiri dari dua kata "multi" artinya banyak, dan "media" sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu. Media dalam Amerika yaitu alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.
            Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan video.
Berikut beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli :
-          Kombinasi dari komputer dan video. (Rosch, 1996)
-          Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text. (Mc.Comick, 1996)
-          Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar. (Turban dan kawan-kawan, 2002)
-          Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video. (Robin dan Linda, 2001)
-          Multimedia dalam konteks komputer adalah pemanfaatan komputer untuk membuat
            dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang
            memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
            (Hofstekter, 2001)
-          Multimedia telah banyak digunakan oleh para guru dan dosen untuk menyampaikan
             materi ajarnya kepada para siswa dan mahasiswa. Software-software presentasi
             seperti Microsoft PowerPoint menggabungkan berbagai jenis media ke dalam suatu
             paket presentasi yang menarik, yang akan menarik perhatian dan meningkatkan
             motivasi para pembelajar (Jonassen dkk, 1999).
Kategori Multimedia
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu multimedia content production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut :
-          Multimedia Content Production adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, intertaintment, dll.) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
        media teks
        media video
        media animasi
        media graph / image
        media interactivity
        media spesial effect
-          Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaintment, news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
    TV
    Radio
    Film
    Media Cetak
    Musik
    Game
    Entertainment
    Tutorial
    ICT (Internet)

Karakteristik Multimedia
Multimedia juga mempunyai  karakteristik, yaitu ada 2 bentuk :
-          Bentuk Linier : Sebuah struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi sesuai urutan dari satu frame atau bite informasi ke yang lainnya.
-          Bentuk No Linier : Struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas, tidak oleh rute yang ditentukan.

B.     Aplikasi Multimedia

Image Viewer
Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat lunak image viewer adalah:
  • ACDSee, bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.
  • XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
  • Irfan View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
  • Microsoft Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
  • Microsoft Picture and Fax Viewer, bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.

Image Editor
Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:
  • Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
  • Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
  • Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
  • GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.
Media Player
Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
  • Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.
  • Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc.
  • Real Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
  • GOM Player, atau Gretech Online Movie Player adalah aplikasi gratis berbasis Windows media player. Media tradisional ini dapat memainkan hampir semua file media tanpa harus mendapatkan codec.
Animasi
Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
  • Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
  • Houdini Animation Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software.
  • Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
Audio/Video Editor
Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
  • Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
  • Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
  • Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
            Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan video.
            Kategori multimedia dibagi menjadi 2 yaitu : Multimedia Content Production, Multimedia Communication. Sedangkan karateristiknya dibagi menjadi 2 yaitu : Bentuk Linier dan Bentuk No Linier.
            Aplikasi multimedia diantaranya yaitu : Image Viewer, Image Editor, Media Player, Animasi, Audio/Video Editor.

DAFTAR PUSTAKA

Diva Rahmanisa (2013) Macam Aplikasi Multimedia. From : http://drahmanisa.blogspot.com/2013/11/macam-aplikasi-multimedia.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar