Sabtu, 18 Oktober 2014

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi yang biasa disingkat TI atau IT memiliki banyak pengertian. Berikut uraian pengertian dari para ahli atau pakar IT.
1. Haag dan Keen
            Pada 1996 Haag dan Keen mendifinisikan TI sebagai seperangkat alat yang membantu anda untuk bekerja dengan informasi dan menyelesaikan tugas – tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Dalam hal ini, TI dianggap sebagai alat yang berkaitan dengan informasi.
pengolahan informasi yang dihasilkan, diproses menggunakan alat – alat tersebut. Alat ini adalah komputer serta software pendukungnya.
2. Martin
            Pada 1999 Martin mendefinisikan TI yang tidak hanya terbatas pada tekhnologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Menurutnya, TI tidak hanya sebagai teknologi komputer saja yang dipergunakan untuk pemrosesan dan penyimpanan data. Pengertiannya lebih luas lagi, karena Martin juga memasukkan teknologi komunikasi yang digunakan untuk melakukan pengiriman informasi.
3. Mc Keown
            pada 2001 Mc Keown mendefinisikan TI merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah, dan untuk menggunakan informasi tersebut dalam segala bentuknya.
Ia menjelaskan bahwa TI mencakup keseluruhan bentuk teknologi yang digunakan untuk memroses informasi. Bentuknya pun bisa bermacam – macam layaknya komputer sebagai alat yang multimedia. Didukung oleh software yang sesuai dengan pengolahan informasi tersebut.
4. Kenneth C. Loudon
           
Pada 2004 Kenneth C. Loudon mendefiniskan TI adalah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam hal ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang sudah diproses dan dilakukan penyimpanan sebelumnya dalam komputer.
            Dari uraian para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa TI tidak harus secara spesifik berupa komputer yang terhubung dengan komputer lain melalui alat telekomunikasi, tetapi juga dapat berupa alat telekominikasi digital, seperti ponsel atau alat elektronik lainnya yang berhubungan dengan penyajian informasi. Jadi, secara sederhana TI atau IT bisa diartikan penyampaian, penyimpanan, dan penyajian informasi  yang menggunakan teknologi khususnya teknologi digital.
Dahulu, penyampaian informasi sebelum ada teknologi digital dan akses internet seperti saat ini, biasa dilakukan dengan cara manual, seperti membunyikan kentongan.
Dan saat ini, dengan perkembangan pola pikir manusia, kini diciptakanlah alat informasi berupa digital seperti handphone/smartphone dan lain sebagai nya. Sehingga tidak perlu memakan waktu yang amat lama.
Di tengah era modern saat ini, TI sangat berperan penting dalam kecepatan penyebaran sebuah informasi.
Setiap perkembangan yang terjadi, pasti akan berdampak positif maupun negatif terhadap manusia(user). Tidak terkecuali dengan TI ini, berbagai sektor sangat terbantu dengan penemuan-penemuan baru yang ada, namun kerugian juga muncul dalam hal ini. Kejadan ini sebenarnya tergantung dari user yang memanfaatkannya. Berikut adalah beberapa keuntungan dengan berkembang nya TI saat ini :
            - mempercepat pekerjaan manusia
            - mempermudah komunikasi jarak jauh
            - mempermudah sistem administrasi dan transaksi keuangan
Berikut adalah kerugian yang ditimbulkan, akibat penyalahgunaan TI :
            - penyalahgunaan untuk tindak kriminal, asusila, dan pencurian keuangan
            - munculnya prilaku individualisme, ketergantungan, dan egois
            - manusia jadi malas beraktifitas
            - rasa sosial menjadi berkurang
Kesimpulannya, tidak ada yang salah dengan kecanggihan teknologi, semuanya akan bermanfaat jika digunakan sebagaimana mestinya. Yang menjadikan alat tersebut bersifat negatif tidak lain karena cara pemakaian dari si empunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar