Sabtu, 18 Oktober 2014

M A N A G E R

MANAJER
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah “Pengantar Manajemen Pendidikan

Dosen Pengampu :
Drs. H. Ali Nurdin, M.Pd

Disusun oleh :
                               Dwi Ananda Putri         ( 11140182000009 )
                               Syahrina Rahmaniah     ( 11140182000028 )

Manajemen Pendidikan
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta
2014

KATA PENGANTAR

Alhamdulilahirrobilalamin. Puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan begitu banyak nikmat kepada penyusun, sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Manajer” dalam mata kuliah “Pengantar Manajemen Pendidikan” tepat pada waktunya.
Makalah ini dibuat dengan tujuan supaya mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan ke dalam tindakan real berupa makalah, karya ilmiah, skripsi, thesis dan desertasi.
Kemudian penyusun sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat terselesaikan.
                Penyusun menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penyusun. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penyusun harapkan.

                                                                                                            Ciputat, 13 September 2014
                                                                                   
                                                                                                                        Penyusun

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR......................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................... ii
BAB I  : PENDAHULUAN................................................................. 1
A. Latar Belakang....................................................................... 1
B. Rumusan Penulisan................................................................ 1
C. Tujuan Penulisan.................................................................... 2
D. Metode Penulisan................................................................... 2
E. Sistematika Penulisan............................................................. 2

BAB II : PEMBAHASAN................................................................... 4
A. Definisi Manajer..................................................................... 4
B
. Tugas Manajer........................................................................ 4
C. Peran Ilmu Manajemen bagi Manajer..................................... 5
D. Pendekatan Tentang Manajer................................................. 6
E. Permasalahan yang dihadapi Manajer.................................... 7

            BAB III : PENUTUP.............................................................................. 8
Kesimpulan................................................................................. 8
            Daftar Pustaka........................................................................................ 9


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Semakin berkembangnya teknologi di zaman sekarang ini, mengharuskan kita untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan tepatDulu proses pengambilan keputusan dan mencari solusi dalam suatu masalah yang terjadi di dalam lingkungan perusahaan masih terbilang lamban dan butuh waktu yang tidak singkatUntuk itu diperlukan Sistem Manajemen yang baik dalam suatu perusahaan.
Dalam proses pengelolaan manajemen tersebut diperlukan seorang manager yang memiliki keahlian, keterampilan yang dapat menghasilkan keputusan yang tepat untuk menjalankan visi dan misi perusahaan secara maksimal. Peranan manager sangatlah penting dalam proses pengelolaan manajemen di perusahaan. Untuk itu harus adanya hubungan yang baik antara manager dengan manajemen.
Dalam pembahasan makalah ini, kami akan memaparkan peranan penting seorang Manager dalam mengelola perusahaan, serta peranan Ilmu Manajemen bagi seorang Manajer.
B.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang dipaparkan di atas, maka pemakalah dapat merumuskan pembahasan, sebagai berikut :
1.      Apa definisi dari manajer ?
2.      Apa saja tugas manajer ?
3.      Apa saja peranan ilmu manajemen bagi manajer ?
4.      Bagaimana pendekatan tentang manajer ?
5.      Apa permasalahan yang dihadapi manajer ?



C.     Tujuan Penulisan
1.      Tujuan Umum
a.       Untuk mengetahui dan memahami definisi, tugas  dari manajer.
b.      Untuk mengetahui dan memahami peran ilmu manajemen bagi manajer.
c.       Untuk mengetahui dan memahami pendekatan tentang manajer.
d.      Untuk mengetahui dan memahami permasalahan yang dihadapi manajer. 
2.      Tujuan Khusus
Yaitu untuk memenuhi tugas kelompok pada mata kuliah Pengantar Manajemen Pendidikan.

D.  Metode Penulisan
Dalam penyusunan makalah ini, penulis menggunakan beberapa metode untuk memperoleh hasil data, yaitu :
a.      Metode Studi Pustaka
Dalam metode ini, para penulis mengadakan tinjauan langsung ke perpustakaan secara terperinci untuk mengumpulkan data yang menjadi sumber tertulis, seperti buku bacaan yang referensinya sesuai judul makalah
b.      Metode Diskusi
Dalam metode ini, para penulis berdiskusi atau saling tukar pikiran dengan teman.
c.       Metode Elektronik
Dalam metode ini, para penulis menggunakan media elektronik sebagai salah satu penyelesaian makalah serta mencari sumber bacaan yang berkualitas di internet.

E.   Sistematika Penulisan
Dalam menyususn makalah ini, penulis menyusun secara sistematis supaya isi makalah dapat dipahami. Makalah ini terdiri dari 3 BAB, yaitu :
                                                       I.            Pendahuluan, yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
                                                    II.            Pembahasan,membahas definisi manajer, tugas manajer, peranan ilmu manajemen bagi manajer, pendekatan tentang manajer, dan permasalahan yang dihadapi manajer .
                                                 III.            Penutup, yaitu kesimpulan

       BAB II
PEMBAHASAN

A.    Definisi Manajer
    Manajer merupakan seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi dengan mengendalikannya. Dengan demikian seorang ahli yaitu Mintzberg menyimpulkan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh manajer adalah berinteraksi dengan orang lain. Selain itu seorang manajer mempunyai peranan penting dalam menjalan suatu organisasi bahkan seorang manajer harus mempunyai keterampilan agar suatu organisasi yang dipimpin berjalan baik.

B.     Tugas dan Tanggung Jawab Manajer
    Pada umumnya manajer memiliki tanggung jawab yang sama, menurut Hendry Fayol,  Ada 5 fungsi Manajemen yaitu melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, serta penyusunan staf. Jika dilihat dari pembagian tugas manajer dari sisi tingkat atau level manajemen dapat dibagi menjadi tiga / 3 macam, yakni :
1.      Manajer Puncak / Top Manager / Manajer Tingkat Atas
Kebutuhan sistem informasi bagi pihak Top Manager memiliki ciri – ciri sebagai berikut :
a.     Bekerja untuk mengonsep dan mewujudkan visi dan misi perusahaan
b.    Merencanakan strategi perusahaan secara keseluruhan termasuk memutuskan kebijakan akuisisi dan merger.
c.       Mengedepankan pekerjaan dengan format keputusan bersifat umum (abstrak) dan memerintahkan pihak middle dengan tujuan sesuai yang disarankan.
d.      Informasi yang diterima oleh pihak Top Management cukup yang bersifat poin – poin. Karena pihak Top Management harus mengambil keputusan secara cepat dan tepat.
Contoh Top Manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).

2.      Manajer Menegah / Middle Manager
          Manajer tingkat menengah berada di antara manajer puncak dan manajer lini pertama. Manajer ini bertugas mengimplementasikan strategi, kebijakan serta keputusan yang diambil oleh manajer tingkat atas atau puncak. Ciri – ciri nya yaitu :
a.       Bertugas menjembatani informasi yang berhubungan antara Top & Lower Management
b.      Mengedepankan konsep efektifitas dalam melaksanakan pekerjaan
c.       Bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh pihak Lower Management dan berusaha memperkecil resiko pekerjaan yang akan terjadi nantinya
d.      Mengkoordinir unit – unit yang ada di Lower Management
Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.
1)      Manajer Lini Pertama / First-Line Manager / Lower Manager
Manajer tingkat bawah ini kebanyakan melakukan pengawasan atau supervisi para karyawan dan memastikan strategi, kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh manajer puncak dan menengah telah dijalankan dengan baik. – ciri nya yaitu :
a.       Mengerjakan seluruh pekerjaan yang ditugaskan oleh pihak Middle Management hingga beres.
b.      Mengedepankan konsep efisiensi dalam bekerja
c.       Melakukan pekerjaan dengan sangan sistematis dan terstuktur sehingga menghindari kesalahan yang bersifat fatal
d.      Kebutuhan dan pengolahan informasi bersifat maksimal
e.       Kebutuhan informasi yang lalu lebih dibutuhkan karena dari informasi masalah tersebut diolah dengan mempergunakan perangkat analisis untuk disusun dan di analisis.
f.       Melayani unit – init yang paling bawah
Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman)
C.    Peranan Ilmu Manajemen bagi Manajer
            Setiap manajemen diberbagai organisasi baik profit oriented atau non profit oriented mengharuskan untuk memahami konsep ilmu manajemen secara baik dan sempurna. Dengan tujuan agar pekerjaan yang dilaksanakan oleh manajer tersebut dapat dilaksanakan secara sistematis terukur dan berkualitas dengan bantuan dari pihak mana pun, karena seorang manajer tidak mungkin mengerjakan semua nya sendiri . Seorang manager memang bekerja dengan menempatkan orang-orang yang tepat pada bidangnya.  Berikut beberapa arti penting peran ilmu manajemen bagi manajer sebagai berikut :
a.       Ilmu manajemen mampu memberi  fasilitas pemikiran yang konsisten dan terukur dalam membangun perencanaan usaha secara jangka pendek dan  panjang
b.      Ilmu manajemen dapat menemukan berbagai bentuk kesalahan yang terjadi di suatu organisasi dan menyelesaikan kesalahan tersebut dengan tegas dan terhormat, tanpa menimbulkan permasalahan jangka panjang.
c.       Ilmu manajemen mengedepankan seni dalam setiap tindakannya, karena dengan penggunaan seni setiap pekerjaan menjadi jauh lebih bermuatan kekeluargaan dan menjauhkan kesan keras dan tegang, yang memungkinkan terjadi konflik.

D.    Pendekatan Tentang Manajer

Pendekatan Manajemen
Penjelasan
Pendekatan Klasik
Berfokus pada teori manajemen ilmiah (menjalankan tugas dengan se-sefisien mungkin) dan teori administrasi umum (apa yang dikerjakan manajer dengan menggunakan praktik-praktik manajemen yang baik)
Pendekatan Kuantiaif
Berfokus pada perbaikan atau pengambilan keputusan berdasarkan teknik kuantitatif
Pendekatan Perilaku
Berfokus pada tindakan-tindakan (perilaku) pekerja (SDM) dalam suatu organisasi
Pendekatan Kontemporer
Berfokus pada proses untuk menghasilkan output dan bagaimana cara pengelolaan suatu organisasi

E.     Permasalahan yang Dihadapi Manajer
Beberapa masalah umum yang dihadapi oleh seorang manajer :
-          Kurangnya pemahaman karyawan di bidang ilmu manajemen sehingga banyak persoalan yang timbul. Contoh : Karyawan bagian produksi sering tidak memperhatikan total quality manajemen (manaj. Mutu total), sehingga hasil tidak memuaskan, sumumnya karyawan dalam bekerja hanya berfikir dari segi melaksanakan tugas dan menerima gaji. Sementara manajer berusaha meingkatkan penjualan gaar kesejahteraan perusahaan meningkat.
-          Masih dibutuhkannya pelatihan dan bimbingan secara jauh lebih intensif kepada para karyawan . Tujuannya supaya hasil kerja (output) lebih berkualitas
-          Sumber yang dijadikan bahan referensi untuk memahami ilmu manajemen masih kurang.
Mayoritas dari sumber resensi (buku, teks, jurnal) masih mengadopsi / hasil terjemahan dari luar negeri, sehingga terdapat kesulitan saat mengadopsi  sumber tersebut, karena notabene budaya yang berbeda .
-          Masih lemahnya perangkat peraturan  UU dan aturan lainnya yang mengatur tentang manajemen. Seperti undang-undang tenaga kerja yang dianggap belum bersifat aspiratif dan benar – benar memihak kepada kaum buruh/pekerja.

TAHAP PEMECAHAN MASALAH
1.      Mengedepankan sikap bijaksana dalam melihat setiap permasalahan dan utamakan masalah-masalah yang mendesak dulu untuk diselesaikan. 
2.      Hindari konflik berlanjut dan konflik yang berhubungan jika suatu masalah dianggap memiliki keterkaitan dengan masalah yang lain.
3.      Setiap hambatan dan kendala yang terjadi di perusahaan diliat apakah permasalahan itu terjadi karena faktor internal atau eksternal.
4.      Hindari keputusan dan bahasa-bahasa yang bersifat non verbal atau tidak jelas.
Hindari sikap memarahi para karyawan jika berbuat salah, namun nasehati  dan beri pengarahan serta tetapkan sangsi yang tegas kepada karyawan yang melakukan kesalahan secara berulang-ulang.

BAB III
PENUTUP
     Kesimpulan
1. Manajer merupakan seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi dengan mengendalikannya.
2. Manajer memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, serta penyusunan staf. Menurut tingkatan nya, manajer dibagi menjadi 3 yaitu : Manajer Puncak / Top Manager, Manajer Menegah / Middle Manager, dan Manager Lini pertama.
3. Keahlian yang harus dimiliki seorang manajer diantara nya : keahlian komunikasi, keahlian memecahkan masalah, mengerti komputer dan informasi.
4. Pendekatan manajer dibagi menjadi 4 yaitu : pendekatan klasik, kuantitatif, prilaku dan kontemporer.
5. Permasalahan yang dihadapi seorang manajer diantara nya adalah : cara birokrasi menangani problem, tekanan dari kelompok-kelompok berkepentingan, efektifitas serta efisiensi.


DAFTAR PUSTAKA
Ref : Wikipidea, organisasi.org, ronnysiagian.wordpress.com & komfe-meureudu.blogspot.com
Megha (2014) Pengertian Manajer. From : http://indonesiaindonesia.com/f/98357-pengertian-manajer/
Rian Performance (2014) Definisi Manajemen,Organisasi, dan kepemimpinan  From : http://rianperformance.blogspot.com/2011/04/definisi-manajer-organisasi-dan.html
Hetty Herawati (2013) Peranan Manager dalam Pengelolaan Manajemen Informasi di Perusahaan. From : http://hettyherawati2704.wordpress.com/2013/10/22/peranan-manager-dalam-pengelolaan-manajemen-informasi-di-perusahaan/
Hetty Herawati (2013) Peranan Manager dalam Pengelolaan Manajemen Informasi di Perusahaan. From : http://hettyherawati2704.wordpress.com/2013/10/22/peranan-manager-dalam-pengelolaan-manajemen-informasi-di-perusahaan/
Fahmi, Irham. 2011. Manajemen : Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung : Alfabeta. Hal. 18 - 23

1 komentar:

  1. How to make money from betting on football - Work Tomake Money
    If หารายได้เสริม you're having problems finding a 출장샵 winning bet online for the day of your choosing, then gri-go.com there are plenty of opportunities available right here. kadangpintar

    BalasHapus