MANAJER
Makalah
ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah “Pengantar
Manajemen Pendidikan ”
Dosen
Pengampu :
Drs. H. Ali Nurdin, M.Pd
Disusun oleh :
Dwi
Ananda Putri ( 11140182000009 )
Syahrina Rahmaniah ( 11140182000028 )
Syahrina Rahmaniah ( 11140182000028 )
Manajemen Pendidikan
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta
2014
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta
2014
KATA
PENGANTAR
Alhamdulilahirrobilalamin.
Puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan begitu banyak nikmat kepada
penyusun, sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah yang
berjudul “Manajer”
dalam mata kuliah “Pengantar Manajemen
Pendidikan” tepat pada waktunya.
Makalah ini dibuat dengan tujuan supaya mahasiswa
mampu memahami dan mempraktikkan ke dalam tindakan real berupa makalah, karya
ilmiah, skripsi, thesis dan desertasi.
Kemudian penyusun sampaikan terima kasih kepada semua
pihak yang telah membantu sehingga
makalah ini dapat terselesaikan.
Penyusun menyadari bahwa masih
banyak kekurangan dalam penyusunan makalah, baik dari materi maupun teknik
penyajiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penyusun. Oleh
karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penyusun harapkan.
Ciputat,
13 September 2014
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR.........................................................................
i
DAFTAR ISI.........................................................................................
ii
BAB I : PENDAHULUAN.................................................................
1
A. Latar Belakang.......................................................................
1
B. Rumusan Penulisan................................................................
1
C. Tujuan Penulisan....................................................................
2
D. Metode Penulisan...................................................................
2
E. Sistematika Penulisan.............................................................
2
BAB
II :
PEMBAHASAN...................................................................
4
A. Definisi Manajer.....................................................................
4
B. Tugas Manajer........................................................................ 4
B. Tugas Manajer........................................................................ 4
C. Peran Ilmu Manajemen bagi Manajer.....................................
5
D. Pendekatan Tentang Manajer................................................. 6
E. Permasalahan yang dihadapi Manajer.................................... 7
BAB III : PENUTUP.............................................................................. 8
Kesimpulan................................................................................. 8
Daftar Pustaka........................................................................................ 9
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Semakin berkembangnya teknologi di zaman sekarang ini, mengharuskan kita
untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Dulu
proses pengambilan keputusan dan mencari solusi dalam suatu masalah yang
terjadi di dalam lingkungan perusahaan masih terbilang lamban dan butuh waktu
yang tidak singkat. Untuk itu diperlukan Sistem Manajemen yang baik dalam suatu
perusahaan.
Dalam proses pengelolaan manajemen tersebut diperlukan seorang manager
yang memiliki keahlian, keterampilan yang dapat menghasilkan keputusan yang
tepat untuk menjalankan visi dan misi perusahaan secara maksimal. Peranan
manager sangatlah penting dalam proses pengelolaan manajemen di perusahaan.
Untuk itu harus adanya hubungan yang baik antara manager dengan manajemen.
Dalam pembahasan makalah ini, kami akan memaparkan peranan penting
seorang Manager dalam
mengelola perusahaan, serta peranan Ilmu Manajemen
bagi seorang Manajer.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
permasalahan yang dipaparkan di atas, maka pemakalah dapat merumuskan
pembahasan, sebagai berikut :
1. Apa definisi dari manajer ?
2. Apa saja tugas manajer ?
3. Apa saja peranan ilmu manajemen bagi manajer ?
4. Bagaimana pendekatan tentang
manajer ?
5. Apa permasalahan yang dihadapi manajer ?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Tujuan
Umum
a. Untuk
mengetahui dan memahami definisi,
tugas dari manajer.
b. Untuk
mengetahui dan
memahami peran ilmu
manajemen bagi manajer.
c. Untuk
mengetahui dan memahami pendekatan
tentang manajer.
d. Untuk mengetahui dan memahami permasalahan yang
dihadapi manajer.
2.
Tujuan
Khusus
Yaitu untuk
memenuhi tugas kelompok pada mata kuliah Pengantar Manajemen Pendidikan.
D.
Metode Penulisan
Dalam penyusunan makalah ini, penulis
menggunakan beberapa metode untuk memperoleh hasil data, yaitu :
a.
Metode
Studi Pustaka
Dalam metode ini, para penulis
mengadakan tinjauan langsung ke perpustakaan secara terperinci untuk
mengumpulkan data yang menjadi sumber tertulis, seperti buku bacaan yang
referensinya sesuai judul makalah
b.
Metode
Diskusi
Dalam metode ini, para penulis
berdiskusi atau saling tukar pikiran dengan teman.
c.
Metode
Elektronik
Dalam metode ini, para penulis
menggunakan media elektronik sebagai salah satu penyelesaian makalah serta
mencari sumber bacaan yang berkualitas di internet.
E.
Sistematika Penulisan
Dalam
menyususn makalah ini, penulis menyusun secara sistematis supaya isi makalah
dapat dipahami. Makalah ini terdiri dari 3 BAB, yaitu :
I.
Pendahuluan,
yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, metode
penulisan, dan sistematika penulisan.
II.
Pembahasan,membahas definisi manajer, tugas manajer, peranan ilmu
manajemen bagi manajer, pendekatan tentang manajer, dan permasalahan yang
dihadapi manajer .
III.
Penutup,
yaitu kesimpulan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Definisi
Manajer
Manajer merupakan seseorang yang
bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka
guna mencapai sasaran organisasi dengan mengendalikannya. Dengan demikian
seorang ahli yaitu Mintzberg menyimpulkan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh
manajer adalah berinteraksi dengan orang lain. Selain itu seorang manajer
mempunyai peranan penting dalam menjalan suatu organisasi bahkan seorang
manajer harus mempunyai keterampilan agar suatu organisasi yang dipimpin
berjalan baik.
B. Tugas dan Tanggung Jawab
Manajer
Pada
umumnya manajer memiliki tanggung jawab yang sama, menurut Hendry Fayol, Ada 5 fungsi Manajemen yaitu melakukan perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, pengendalian, serta penyusunan staf. Jika dilihat dari pembagian
tugas manajer dari sisi tingkat atau level manajemen dapat dibagi menjadi tiga
/ 3 macam, yakni :
1.
Manajer Puncak / Top Manager / Manajer Tingkat Atas
Kebutuhan sistem
informasi bagi pihak Top Manager memiliki ciri – ciri sebagai berikut :
a.
Bekerja untuk
mengonsep dan mewujudkan visi dan misi perusahaan
b. Merencanakan strategi perusahaan secara keseluruhan
termasuk memutuskan kebijakan akuisisi dan merger.
c. Mengedepankan pekerjaan dengan format keputusan
bersifat umum (abstrak) dan memerintahkan pihak middle dengan tujuan sesuai
yang disarankan.
d. Informasi yang diterima oleh pihak Top Management
cukup yang bersifat poin – poin. Karena pihak Top Management harus mengambil
keputusan secara cepat dan tepat.
Contoh
Top Manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information
Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).
2. Manajer Menegah / Middle
Manager
Manajer tingkat menengah berada di antara manajer
puncak dan manajer lini pertama. Manajer ini bertugas mengimplementasikan
strategi, kebijakan serta keputusan yang diambil oleh manajer tingkat atas atau
puncak. Ciri – ciri
nya yaitu :
a. Bertugas menjembatani informasi
yang berhubungan antara Top & Lower Management
b. Mengedepankan konsep efektifitas
dalam melaksanakan pekerjaan
c. Bertanggung jawab terhadap
pekerjaan yang dilakukan oleh pihak Lower Management dan berusaha memperkecil
resiko pekerjaan yang akan terjadi nantinya
d. Mengkoordinir unit – unit yang
ada di Lower Management
Jabatan yang termasuk manajer
menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau
manajer divisi.
1)
Manajer Lini Pertama / First-Line Manager / Lower Manager
Manajer
tingkat bawah ini kebanyakan melakukan pengawasan atau supervisi para karyawan
dan memastikan strategi, kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh
manajer puncak dan menengah telah dijalankan dengan baik. – ciri nya yaitu :
a.
Mengerjakan seluruh
pekerjaan yang ditugaskan oleh pihak Middle Management hingga beres.
b.
Mengedepankan konsep
efisiensi dalam bekerja
c.
Melakukan pekerjaan
dengan sangan sistematis dan terstuktur sehingga menghindari kesalahan yang
bersifat fatal
d.
Kebutuhan dan
pengolahan informasi bersifat maksimal
e.
Kebutuhan informasi
yang lalu lebih dibutuhkan karena dari informasi masalah tersebut diolah dengan
mempergunakan perangkat analisis untuk disusun dan di analisis.
f.
Melayani unit – init
yang paling bawah
Mereka sering disebut penyelia
(supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen,
atau mandor (foreman).
C.
Peranan Ilmu Manajemen bagi Manajer
Setiap manajemen diberbagai
organisasi baik profit oriented atau non profit oriented mengharuskan untuk
memahami konsep ilmu manajemen secara baik dan sempurna. Dengan tujuan agar
pekerjaan yang dilaksanakan oleh manajer tersebut dapat dilaksanakan secara sistematis
terukur dan berkualitas dengan bantuan dari pihak mana pun, karena seorang
manajer tidak mungkin mengerjakan semua nya sendiri . Seorang manager memang
bekerja dengan menempatkan orang-orang yang tepat pada bidangnya. Berikut beberapa arti penting peran ilmu
manajemen bagi manajer sebagai berikut :
a. Ilmu
manajemen mampu memberi fasilitas
pemikiran yang konsisten dan terukur dalam membangun perencanaan usaha secara
jangka pendek dan panjang
b. Ilmu
manajemen dapat menemukan berbagai bentuk kesalahan yang terjadi di suatu
organisasi dan menyelesaikan kesalahan tersebut dengan tegas dan terhormat,
tanpa menimbulkan permasalahan jangka panjang.
c. Ilmu
manajemen mengedepankan seni dalam setiap tindakannya, karena dengan penggunaan
seni setiap pekerjaan menjadi jauh lebih bermuatan kekeluargaan dan menjauhkan
kesan keras dan tegang, yang memungkinkan terjadi konflik.
D. Pendekatan
Tentang Manajer
Pendekatan
Manajemen
|
Penjelasan
|
Pendekatan
Klasik
|
Berfokus
pada teori manajemen ilmiah
(menjalankan tugas dengan se-sefisien mungkin) dan teori administrasi umum (apa yang dikerjakan manajer dengan
menggunakan praktik-praktik manajemen yang baik)
|
Pendekatan
Kuantiaif
|
Berfokus
pada perbaikan atau pengambilan keputusan berdasarkan teknik kuantitatif
|
Pendekatan
Perilaku
|
Berfokus
pada tindakan-tindakan (perilaku) pekerja (SDM) dalam suatu organisasi
|
Pendekatan
Kontemporer
|
Berfokus
pada proses untuk menghasilkan output dan bagaimana cara pengelolaan suatu
organisasi
|
E.
Permasalahan yang Dihadapi Manajer
Beberapa
masalah umum yang dihadapi oleh seorang manajer :
-
Kurangnya pemahaman karyawan di bidang
ilmu manajemen sehingga banyak persoalan yang timbul. Contoh : Karyawan bagian
produksi sering tidak memperhatikan total quality manajemen (manaj. Mutu
total), sehingga hasil tidak memuaskan, sumumnya karyawan dalam bekerja hanya
berfikir dari segi melaksanakan tugas dan menerima gaji. Sementara manajer
berusaha meingkatkan penjualan gaar kesejahteraan perusahaan meningkat.
-
Masih dibutuhkannya pelatihan dan
bimbingan secara jauh lebih intensif kepada para karyawan . Tujuannya supaya
hasil kerja (output) lebih berkualitas
-
Sumber yang dijadikan bahan referensi
untuk memahami ilmu manajemen masih kurang.
Mayoritas dari sumber
resensi (buku, teks, jurnal) masih mengadopsi / hasil terjemahan dari luar
negeri, sehingga terdapat kesulitan saat mengadopsi sumber tersebut, karena notabene budaya yang
berbeda .
-
Masih lemahnya perangkat peraturan UU dan aturan lainnya yang mengatur tentang
manajemen. Seperti undang-undang tenaga kerja yang dianggap belum bersifat
aspiratif dan benar – benar memihak kepada kaum buruh/pekerja.
TAHAP PEMECAHAN MASALAH
1. Mengedepankan
sikap bijaksana dalam melihat setiap permasalahan dan utamakan masalah-masalah
yang mendesak dulu untuk diselesaikan.
2. Hindari
konflik berlanjut dan konflik yang berhubungan jika suatu masalah dianggap memiliki
keterkaitan dengan masalah yang lain.
3. Setiap
hambatan dan kendala yang terjadi di perusahaan diliat apakah permasalahan itu
terjadi karena faktor internal atau eksternal.
4. Hindari
keputusan dan bahasa-bahasa yang bersifat non verbal atau tidak jelas.
Hindari sikap
memarahi para karyawan jika berbuat salah, namun nasehati dan beri pengarahan serta tetapkan sangsi
yang tegas kepada karyawan yang melakukan kesalahan secara berulang-ulang.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
Kesimpulan
1. Manajer merupakan seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi dengan mengendalikannya.
2. Manajer memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, serta penyusunan staf. Menurut tingkatan nya, manajer dibagi menjadi 3 yaitu : Manajer Puncak / Top Manager, Manajer Menegah / Middle Manager, dan Manager Lini pertama.
1. Manajer merupakan seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi dengan mengendalikannya.
2. Manajer memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, serta penyusunan staf. Menurut tingkatan nya, manajer dibagi menjadi 3 yaitu : Manajer Puncak / Top Manager, Manajer Menegah / Middle Manager, dan Manager Lini pertama.
3. Keahlian yang harus dimiliki seorang manajer
diantara nya : keahlian komunikasi, keahlian memecahkan masalah, mengerti
komputer dan informasi.
4. Pendekatan manajer dibagi menjadi 4 yaitu : pendekatan klasik, kuantitatif, prilaku dan kontemporer.
4. Pendekatan manajer dibagi menjadi 4 yaitu : pendekatan klasik, kuantitatif, prilaku dan kontemporer.
5. Permasalahan yang dihadapi seorang manajer diantara
nya adalah : cara birokrasi menangani problem, tekanan dari
kelompok-kelompok berkepentingan, efektifitas serta efisiensi.
DAFTAR PUSTAKA
Ref : Wikipidea, organisasi.org, ronnysiagian.wordpress.com & komfe-meureudu.blogspot.com
Megha (2014) Pengertian Manajer. From : http://indonesiaindonesia.com/f/98357-pengertian-manajer/
Megha (2014) Pengertian Manajer. From : http://indonesiaindonesia.com/f/98357-pengertian-manajer/
Rian Performance (2014) Definisi Manajemen,Organisasi, dan kepemimpinan From : http://rianperformance.blogspot.com/2011/04/definisi-manajer-organisasi-dan.html
Hetty Herawati (2013) Peranan Manager dalam Pengelolaan Manajemen Informasi di Perusahaan. From
: http://hettyherawati2704.wordpress.com/2013/10/22/peranan-manager-dalam-pengelolaan-manajemen-informasi-di-perusahaan/
Hetty Herawati (2013) Peranan Manager dalam Pengelolaan Manajemen Informasi di Perusahaan. From
: http://hettyherawati2704.wordpress.com/2013/10/22/peranan-manager-dalam-pengelolaan-manajemen-informasi-di-perusahaan/
Fahmi, Irham. 2011. Manajemen : Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung : Alfabeta. Hal. 18 -
23
How to make money from betting on football - Work Tomake Money
BalasHapusIf หารายได้เสริม you're having problems finding a 출장샵 winning bet online for the day of your choosing, then gri-go.com there are plenty of opportunities available right here. kadangpintar